Wednesday, December 2, 2015

Minuman Jus Sehat Dari Batang Pisang

Batang pohon pisang yang lebih dianggap sampah setelah dipanen buahnya, tapi di India ada minuman jus yang dibuat dari bahan pelepah pisang dan bermanfaat untuk kesehatan, bahkan batang pohon pisang sebagai bahan masakan pada aneka resep kuliner lezat. Banana Stem Juice, jus dari batang pohon pisang yang dalam catatan ilmu pengobatan India kuno atau Ayurveda diyakini memiliki sifat diuretik sehingga dapat menghancurkan batu ginjal, menurunkan berat badan dan penyakit batu empedu.

Pengetahuan yang didapat dari The Hindu, batang pohon pisang yang kaya akan serat, kalium dan vitamin B6 serta bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh. Cara membuat jus minuman sehat dari batang pohon pisang yang tidaklah sulit, batang pohon pisang yang sudah dipotong-potong dicampurkan dengan air pada mesin blender. Kemudian untuk menambah rasa di mana bisa ditambahkan buttermilk, madu dan garam.


Ekstrak Kulit Pisang Ampuh Atasi Stress 

Minuman Jus Bawang Dayak Buat Tubuh Sehat

Panjang Umur Dengan Jus Buah Lo Han Kuo

Jus batang pohon pisang yang bermanfaat juga untuk mencegah tekanan darah tinggi, gangguan jantung, mengurangi sembelit serta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Jus batang pohon pisang yang bilamana diminum dalam keadaan perut kosong akan membantu program diet Anda untuk mengurangi berat badan. Masyarakat di India Selatan yang juga terbiasa memanfaatkan batang pisang sebagai bahan masakan kuliner lezat. Vazahaithandu porial adalah salah satu resep kuliner di India yang menggunakan bahan pelepah pisang dengan hiasan kelapa.

Masakan lezat dari pelepah pohon pisang yang juga ada di Indonesia sebagai kekayaan resep kuliner nusantara, Ares, sayuran khas Lombok provinsi Nusa Tenggara Barat dengan bahan utama berupa pelepah atau gedebok pohon pisang yang masih muda. 

Pengetahuan yang didapat dari Wisata Lombok, hidangan masakan Ares yang dibuat dari batang pohon pisang diolah dengan aneka bumbu rempah lainnya sehingga menciptakan cita rasa masakan manis dan gurih. Ares yang merupakan makanan tradisional suku Sasak di mana awalnya sebatas dihidangkan saat acara begawe yaitu acara makan-makan setelah berlangsungnya pernikahan. Bagi Anda yang hobi berkebun organik, limbah batang atau pelepah pohon pisang sebagai bahan kompos dan pupuk organik cair. Gedebok pisang yang juga bisa digunakan sebagai mulsa organik pada tanah saat musim kemarau tiba.