Friday, December 4, 2015

Mirip Pisang, Bunga Ini Penuh Manfaat

Bunga pisang-pisangan, sebutan yang diberikan pada tanaman ini yang memang bunganya mirip buah pisang dan memikat hati Saya ketika melihatnya. Tergolong jenis tanaman hias yang banyak tumbuh di daerah tropis, Saya yang tidak menyangka jika pada beberapa wilayah di dunia termasuk Indonesia untuk jenis tertentu tanaman ini bermanfaat sebagai obat, sayuran dan bahan baku kertas. Tanaman pisang hias penuh manfaat yang juga dikenal dengan nama Heliconia.

Bagi Anda yang mengalami diare berkepanjangan, tangkai daun Heliconia colinsiana yang bermanfaat sebagai obat mencret. Caranya adalah dengan memotong tangkai daun tanaman pisang-pisangan ini sebanyak 15 gram kemudian dicuci bersih terlebih dahulu tentunya, rebus tangkai tanaman ini hingga mendidih pada wadah berisikan 3 gelas air selama 15 menit, diamkan sejenak hingga dingin kemudian air saringannya diminum untuk meredakan mencret. Anjuran beberapa literatur untuk meminumnya sebanyak 2 kali dalam sehari yaitu setiap pagi dan sore hari.

 
Bunga dan daun pisang-pisangan Heliconia  mengandung saponin dan flavonoida, selain itu daun tanaman Heliconia yang juga mengandung tanin serta bunganya yang mengandung polifenol. Pengetahuan dari situs departemen pertanian, bukan hanya indah apabila dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah sekaligus tanaman obat, tanaman pisang-pisangan yang memiliki peluang pasar cukup bagus khususnya untuk bunga potong dan tanaman dekorasi ruangan. Jenis heliconia yang cocok dimanfaatkan untuk penghias taman Anda diantaranya adalah Heliconia psittacorum, Heliconia angusta, dan Heliconia golden torch. 

Bunga Anggrek Vanilla



Terdapat kurang lebih 31 jenis tanaman hias pisang-pisangan saat ini dengan bentuk dan warna bunga yang menawan serta manfaatnya yang beragam, dan Indonesia memiliki koleksi tanaman pisang-pisangan terbanyak di dunia! Olehkarenanya tahun 2014 lalu bertempat di kabupaten Gianyar Bali yang mana Indonesia menjadi tuan rumah Kongres Heliconia Internasional diikuti 20 negara, International Heliconia Congres. Di Bali, tanaman ini mendapat sebutan bunga pisang Bali dengan nama latin Heliconia rostrata.      

Pengetahuan lain yang didapat dari situs Plants of Saint Lucia, akar dari tanaman Heliconia caribaea yang direbus dengan air mendidih, setelah ditiriskan di mana bermanfaat untuk mengobati varises dengan cara membilasnya. Beberapa jenis lainnya dari tanaman Heliconia yang juga dikenal bermanfaat untuk membantu proses kelahiran pada ibu hamil melalui infusi daunnya, bahan makanan sayuran bahkan serat bunga pisang-pisangan yang dibutuhkan untuk pembuatan kertas.