Saturday, November 14, 2015

Hidrogel, Cara Mudah Merawat Tanaman

Anggapan kebanyakan orang bila bercocok tanam bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, selain dibutuhkan kesabaran, diperlukan juga ketekunan dalam merawat tanaman. Sudahkah pembaca mengetahui teknologi hidrogel? Teknologi bercocok tanam tanpa harus menggunakan media tanah, cara mudah merawat tanaman dengan hidrogel yang dapat lebih menghemat air untuk penyiraman dan tidak memerlukan banyak pupuk untuk nutrisi tanaman. 

Hidrogel yang sebenarnya merupakan bahan polimer buatan untuk bidang kesehatan pada mulanya. Hydrogel dressing, pemanfaatan hidrogel untuk mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi, seiring waktu, hidrogel yang dikembangkan juga sebagai media tanam dalam bercocok tanam. 

Media Tanam Hidrogel

Di Indonesia, pemanfaatan hidrogel yang masih sebatas media tanaman hias ataupun bertanam dalam ruangan, bentuknya yang menyerupai kristal kemudian teksturnya yang kenyal dengan aneka warna seperti agar-agar, bercocok tanam dengan media hidrogel yang akan menambah keindahan dekorasi ruang. 

Sementara di Timur Tengah, pengembangan teknologi hidrogel yang sekarang sudah dapat diterapkan pada banyak tanaman perkebunan, sayuran dan buah-buahan walaupun kondisi tanah padang pasir yang kurang subur dan miskin air. Sebagaimana berita yang didapat dari Live Science, Professor Yuichi Mori dari Universitas Waseda Jepang yang berhasil mengembangkan teknologi hidrogel untuk produksi pertanian komersial.